Rumah Sakit Pasar Mingu, menjadi rumah sakit swasta Covid -19

by vanda

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu Jakarta Selatan yang baru saja ditetapkan sebagai rumah sakit spesialis penanganan Covid-19 di Jakarta masih memiliki 36 tempat tidur. Beberapa hari lalu, pemerintah mendirikan Rumah Sakit Bas Mingo, sebuah rumah sakit yang khusus menangani pasien penyakit jantung koroner. Dengan cara ini, layanan untuk pasien yang tidak terinfeksi Covid-19 dipindahkan ke rumah sakit lain di ibu kota.

Rumah sakit yang dikelola oleh Judi Amiarn ini merupakan rumah sakit tipe B. Dikelola oleh pemerintah daerah. Dalam kehidupan sehari-hari, sistem pelayanan kesehatan (KLB) juga melayani para lansia dan pasien BPJS dari level 1 hingga level 3.

Berdasarkan sejarahnya, Rumah Sakit Pasar Minggu dibangun berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta. 42/22. Rencana pembangunan juga berlaku untuk rumah sakit seperti RS Koja, RS Cengkareng, RS Tarakan, RSUD Pasar Rebo, RSUD Budi Asih, dan RS Duren Savit.

RSUD Pasar Minggu juga dilengkapi dengan 565 tempat tidur yang terbagi menjadi ruang dewasa dan anak, bidan terisolasi dan unit perawatan intensif serta unit perawatan intensif.

Rumah sakit juga menawarkan unit perawatan medis (HC) yang dapat menampung empat tempat tidur dengan peralatan terkait. Rumah sakit yang berada di Jalan TB Simatupang ini juga memiliki ruang perawatan yang bervariasi, antara lain kelas VIP, kelas VIP, kelas 1 hingga 3, dan layanan rawat jalan dengan total 30 klinik.

Gedung RS Baskaminjo yang memiliki basement satu, tiga dan sembilan lantai tersebut, kini diharapkan bisa menjadi tempat yang baik untuk serius dan terutama melayani para penyintas CD yang baru berusia 19 tahun.

Ketersediaan tempat tidur untuk 36 tempat tidur yang tersisa di Rumah Sakit Pasar minggu. Bukan hanya RS Pasar Minggu saja yang akan dijadikan rumah sakit pemerintah sebagai rumah sakit swasta penangkal penyakit menular. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga telah menunjuk RSUD Cengkareng Jakarta Barat sebagai rumah sakit swasta untuk kelangsungan hidup Covid-19.

Selain itu, menyikapi semakin banyaknya kasus positif Covid-19, pihaknya akan menambah tenaga medis untuk memprediksi kekurangan tenaga kesehatan.

Pemerintah juga berjanji untuk memberikan perawatan dan perlindungan tambahan bagi petugas kesehatan jika jumlah kematian meningkat menjadi lebih dari 100.

Martabat dan kemewahan adalah kesan pertama pria berusia 40 tahun itu saat dirawat di Rumah Sakit Umum Bazamengo (RSUD) di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Tiga orang tua telah ke rumah sakit empat kali.

Awalnya, warga Ragonan tidak menyangka gedung 11 lantai dengan kucing hijau muda itu sebagai rumah sakit. Dia menggambarkan gedung rumah sakit pertama di Jakarta Selatan, yang digunakan sejak Desember 2015, sebagai asrama yang belum berkembang.

Bangunannya memiliki desain modern, namun akses ke salah satu bangunan masih ditutup.

Begitu sampai, emosi di hatinya tiba-tiba menghilang. Menurutnya, pelayanan RSUD Pasar minggu bahkan lebih baik dibanding RS swasta di Lebak Bolus yang kerap ia kunjungi saat keluarganya berobat.

Peralatan medis dan aksesoris untuk pasien tidak lebih rumit dari rumah sakit swasta yang bergerak di bidang jasa, dikabarkan semuanya bergerak cepat dan jauh dari struktur individu yang kompleks, meski ia dan keluarganya menggunakan konten BPJS.

Karenanya rekomendasi untuk rumah sakit swasta, Didirikan akhir tahun lalu, RS Pasar Minggu kini menjadi rumah sakit rujukan bagi pasien dari rumah sakit swasta internasional.

Banyaknya jumlah tempat tidur di kamar pribadi yang dilengkapi dengan peralatan terbaru menjadi alasan banyak rumah sakit swasta mengirimkan pasiennya ke RSUD Pasar minggu.

RS Pasar Minggu memiliki 70 tempat tidur untuk 15 ruang ICU, 18 ruang HCU, 7 ruang ICCU, 7 ruang PICU, 13 ruang NICU dan 10 ranjang di Perina sebagai kamar anak.

Ini mengotomatiskan semua informasi pasien mulai dari pendaftaran, pemeriksaan, dan aktivitas staf medis dan dokter. Dengan cara ini, banyak hal bisa dilakukan lebih cepat.

Menurutnya, RS Pasteur Mingo saat ini rata-rata melayani 1.000 pasien per hari, dengan data 700 pasien, 200 pasien dan 100 pasien. beberapa darurat (IGD).

Meski telah banyak yang memanfaatkan fasilitas kesehatan itu, Carolina mengaku tetap melakukan promosi melalui puskesmas, web, lalu media sosial untuk memperluas informasi tentang RSUD itu.

Seiring dengan itu, optimalisasi jumlah tempat tidur juga dilakukan. Saat ini tempat tidur yang tersedia di RSUD Pasar Minggu 455 dari target selesai 468.